Rabu, 12 November 2014

Kunci sukses menjadi broker properti1


Buatlah sistem yang menarik dan berbeda dari bisnis sejenis yang sudah ada. Misalnya: sistem rumenarasi para agen-agen properti yang akan bekerja dengan anda. Komisi dan bonus yang menarik akan membuat mereka bersemangat bekerja untuk anda.

Berikan pelatihan yang berkesinambungan terhadap para agen, mulai dari pelatihan penampilan, komunikasi, cara penjualan, pelatihan untuk mendapatkan lisensi penjual properti dan pelatihan-pelatihan lainnya. Buat juga seminar agen properti untuk merekrut para agen baru.

Kantor usaha bisnis agen properti anda pun harus representative dengan baik dan nyaman. Pengunjung akan lebih yakin jika kantor anda terlihat rapi dan informatif serta pelayanan yang baik. Begitu juga dengan para agen dan karyawan, mereka akan lebih nyaman bekerja. Siapkan juga fasilitas telpon, komputer dan internet agar para agen dengan mudah berkomunikasi dengan calon pembeli dan pemilik properti. Juga siapkan fasilitas transportasi untuk kegiatan kunjungan ke pemilik properti dan calon pembeli.

Sebagai penjual properti, anda dan tim penjualan harus dapat mempunyai kemampuan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pemilik properti dan calon pembeli. Jadilah mitra dan sahabat mereka, berikan solusi kepada mereka. Mereka bukanlah objek untuk mendapatkan pendapatan anda. Emotional benefit lebih dibutuhkan mitra anda tersebut. 

Misalnya kepada pemilik properti, berikan solusi agar bagaimana menyiapkan propertinya agar layak dijual dan mempunyai nilai yang tinggi. Kepada calon pembeli, berikanlah solusi rumah dan properti yang tepat dan harga yang layak sesuai kebutuhan mereka, sehingga tidak asal memberikan properti yang sebenarnya tidak sesuai kebutuhannya. Siapkan waktu 24 jam untuk mereka.

Bisnis agen properti juga tidak sekedar menjual rumah atau properti. Anda pun harus dapat memberikan nilai tambah dengan memberikan pelayanan yang dibutuhkan pelanggan dan mitra, misalnya: pelayanan pengurusan notaris, sertifikat, perpajakan jual beli, konsultasi renovasi properti dan taman, akses perbankan dan pengurusan pemasangan PLN, PAM, telepon hingga internet.

Siapkan media informasi yang lengkap baik bagi pemilik properti, calon pembeli maupun para agen properti. Medianya bisa melalui brosur, booklet, papan informasi, spanduk hingga website. 

Anda harus mempunyai listing properti yang dijual, daftar listing dapat diperoleh dari berbagai sumber: koran, internet, rumah-rumah yang tertulis dijual, informasi rumah dijual dari para kerabat dan lainnya.

Media promosi juga harus dianggarkan budgetnya, misalnya: pasang iklan di media surat kabar, iklan online, spanduk, penyebaran brosur, majalah kawasan dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar